Meraih Asa Di SMANDA Bogor

SMP BPK PENABUR Paledang Bogor kembali berprestasi dalam  lomba  sains SMP yang diselenggarakan oleh SMAN 2 Bogor bekerjasama dengan LIPI. Dalam lomba yang bertajuk D’Cookis VIII (D’Creation OF KIR IPA SMANDA  VIII) yang diselenggarakan pada tanggal 28 November 2015 lalu di SMAN 2 Bogor, siswa SMP BPK PENABUR Bogor berhasil meraih 2 piala dari 3 ajang lomba. Lomba yang berhasil dimenangkan adalah lomba LCT ( lomba cepat-tepat sains dan teknologi) dengan menempati posisi ke-III dan lomba membuat poster dengan meraih posisi ke-IV.

Perwakilan yang berhasil meraih juara ke-III dalam  lomba LCT adalah Johanes Adrian Santoso, Ivana, dan Yohanes Kristanto. Ketiga perwakilan tersebut berasal dari kelas 9 C. Perwakilan yang berhasil meraih juara ke-IV dalam lomba poster adalah Murtama Tesalonika dan Sheenamarcia Aislin. Kedua perwakilan tersebut juga berasal dari kelas 9C.

Dalam Lomba LCT BPK PENABUR Bogor mengirimkan dua perwakilan. Namun cukup disayangkan, dari dua kelompok peserta yang diwakilkan hanya tim pertama saja yang dapat menembus babak final.

Lomba LCT diselenggarakan dalam dua tahap: tahap penyisihan dan tahap semifinal. Dalam tahap penyisihan tiap regu mengerjakan soal selama 75 menit.  Kemudian,  Sembilan peseta dengan nilai terbaik akan masuk ke babak semifinal. Tahap semifinal dilaksanakan dalam tiga tahap: tahap babak soal pilihan, soal rebutan, dan babak kotak berharga.

Dalam lomba Menyusun  Poster,  BPK PENABUR mengirimkan dua  perwakilan regu. Namun, hanya satu regu saja yang berhasil meraih juara, sedangkan regu kedua yang digawangi Gabrielle (8C) dan Joia (8A) belum berhasil meraih gelar juara.

Tema yang digunakan dalam lomba poster adalah save the environment  and technology for better future. Lomba ini terdiri dari dua tahapan: tahap penyusunan poster dan presentasi.

Dalam penyusunan poster, secara beregu siswa diberikan waktu 170 menit untuk menyusun poster. Dalam tahapan presentasi, setiap poster dipresentasikan oleh masing-masing kontestan.

Lomba D’Cookis adalah lomba yang rutin diselenggarakan oleh SMAN 2 Bogor. Lomba ini sangat bergengsi karena peserta lomba berasal hampir dari seluruh JABODETABEK. Oleh karena itu prestasi yang diraih oleh perwakilan SMP BPK PENABUR Bogor merupakan pencapaian yang sangat membanggakan dan prestisius.

LCT 2