Tips Menghadapi UN

Dec 5, 2016 by

Tips Menghadapi UN

Delapan Langkah untuk Belajar Efektif

Jika Anda belum pernah belajar secara teratur, maka masih ada harapan. Anda mungkin merasa perlu untuk memulai dengan serangkaian langkah dasar untuk untuk belajar secara konsisten, mulai mengkonsolidasikan program kerja Anda, dan menetapkan pandangan Anda pada strategi untuk mencapai tujuan tertentu pada ujian Anda. Langkah-langkah mengerjakan soal ujian. Memilih informasi program kunci, memastikan bahwa Anda mengetahui kisi-kisi ujian, dan  Anda membangun lingkungan yang kondusif untuk belajar yang baik, dan bahwa Anda sedang mengembangkan strategi untuk belajar dan bekerja untuk mengelola proses studi ini secara efektif. Adapun langkah-langkah belajar yang efektif sebagai berikut:

  1. Menyelesaikan semua bacaan yang diperlukan saja atau fokus dan mengkompilasi semua catatan Anda dari berbagai sumber (seperti sekolah, tutorial, teks, tugas masa lalu , sumber internet, dll )
  2. Tinjau tugas masa lalu dan tes untuk topik, jenis pertanyaan, dan umpan balik dan kembali membaca silabus untuk fokus saja dan deskripsi. Sering asignments masa lalu menyoroti konsep saja kunci dan menawarkan contoh pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk menguji diri sendiri.
  3. Dengan bantuan dari silabus dan kisi-kisi ujian,
  4. Pastikan bahwa Anda tahu format, lokasi, tanggal, waktu, fokus, dan bobot masing-masing tes atau ujian untuk membantu menentukan penekanan Anda untuk setiap materi pelajaran. Tahu berapa persen dari nilai akhir saja dicatat oleh ujian ini.
  5. Tetapkan tujuan yang realistis untuk ujian dan menentukan jumlah harian waktu untuk mempelajari setiap materi. Menuliskannya bersama dengan semua langkah persiapan dalam kalender atau perencana.
  6. Memutuskan bagaimana menyeimbangkan “belajar” dan “tugas klatihan” selama periode persiapan ini. Longgarkan, membatalkan, menunda, atau mengurangi komitmen lain untuk meninggalkan lebih banyak waktu untuk belajar dan istirahat dan relaksasi dan menyediakan tempat untuk belajar jauh dari gangguan seperti TV, orang lain, gadget, dan lain sebagainya.

 

  1. Cari alat bantu belajar sebanyak-banyaknya, seperti buku perpustakaan, soal-soal ujian tahun sebelumnya, atau mungkin panduan belajar lainnya. Anda mungkin bisa memperbanyak latihan soal tertuls maupun tanya jawab lisan dengan guru dan teman-teman Anda.
  2. Menentukan apa yang utama bagian, konsep, ide, dan isu-isu dari materi. Apa yang perlu Anda ketahui untuk masing-masing? Dari pengalaman Anda dengan dari membaca dan sewaktu mengikuti pembelajaran di sekolah, apa bagian tertentu yang telah diberikan penekanan khusus? Mengapa? Dalam hal apa instruktur model proses berpikir yang terkait dengan kursus ini atau disiplin? Pertanyaan apa yang mungkin membantu Anda untuk memahami dan mengingat dan menghubungkan unsur saja Anda? Hal ini penting untuk dicatat bahwa cara di mana pembelajaran diselenggarakan berkaitan langsung dengan “apa yang penting” dan bagaimana Anda kemungkinan besar akan diuji pada bahan ini. Tanyakan: Kapan saya dapat mulai belajar? Secara umum,  untuk mempelajari dengan konsisten dan memilih informasi khusus untuk tes atau ujian harus menjadi tugas yang mudah.

Langkah-langkah ini dibatasi oleh waktu yang sedikit, sebagian besar para siswa mengalami kesulitan mengatur waktu. Sebuah kata peringatan: banyak siswa menempatkan efisiensi di atas efektivitas ketika datang untuk belajar. Mereka merasionalisasi bahwa melakukan pekerjaan secara efektif belajar dan latihan mereka tidak dapat dilakukan karena keterbatasan waktu. Mereka berharap untuk belajar secara efektif meskipun mereka memotong langkah-langkah penting dalam memahami dan menyimpan pengetahuan  mereka. Ada gunanya menjadi efisien, jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan; Anda terus menggunakan strategi yang baru berkembang, Anda akan menemukan cara yang paling efektif dan efisien dalam belajar.

 

Nah…. ayooo, terapkan segera 8 langkah diatas dan  rasakan hasilnya!

Selamat menempuh ‘Ujian Tengah Semester’ seluruh siswa BPK PENABUR…

 

Referensi : websitependidikan.com

Related Posts

Tags

Share This